Senin, 31 Desember 2012

contoh latar belakang masalah

Latar Belakang Masalah

Beberapa bulan terakhir ini kejahatan dunia maya makin meningkat sehubungan dengan banyaknya pengguna internet, terutama dengan pemanfaatan ponsel cerdas yang semakin hari harga dan tarifnya semakin terjangkau. Dengan adanya ponsel orang-orang jadi lebih mudah untuk melakukan akses ke internet.

Jejaring sosial dalam internet adalah situs dimana orang-orang bisa saling berinteraksi antara orang yang satu dengan yang lainnya, dalam satu Negara maupun berbeda Negara. Karena kelebihan dari jejaring sosial dalam internet dapat berinteraksi dengan orang-orang yang jauh tanpa adanya batas pengahalang. Jejaring sosial dalam internet umumnya di gunakan untuk berinteraksi antar pengguna, tetapi ada juga yang menggunakan jejaring sosial untuk berbisnis, mempromosikan produk sendiri maupun yang lainnya.

Akan tetapi ada juga yang menyalahgunakan penggunaan internet melalui situs jejaring sosial diantaranya, penipuan, penculikan, pencemaran nama baik, dan lain-lain. Apabila tidak waspada maka dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak di inginkan, seperti yang terjadi akhir-akhir ini banyak penipuan dan penculikan terhadap anak-anak remaja putri.

Penggunaan internet secara sehat dan aman tergantung dari etika pengguna internet. Bagi anak-anak yang menggunakan internet, tanggung jawab terbesar untuk mengawasi mereka jatuh pada orang tua. Untuk mengantisipasi tindak kejahatan melalui situs jejaring sosial seperti facebook yang umumnya terjadi pada remaja putri, para orang tua sebaiknya memperketat perilaku putrinya dalam penggunaan internet, khususnya yang mudah diakses melalui telepon seluler atau handphone untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan demikian para orang tua harus selalu mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan internet menggunakan komputer di rumah maupun menggunakan handphone, orang tua wajib memeriksa situs internet apa saja yang sering di kunjungi oleh anak-anaknya. Hal itu karena sering terjadinya tindak kejahatan melalui situs jejaring sosial, yang dimana masih kurang diwaspadai oleh masyarakat sekitar.

Berdasarkan gambaran di atas, penulis tertarik mengangkat bahasan tentang internet dan situs jejaring sosial. Atas dasar itulah penulis memilih judul “Dampak Perkembangan Internet Pada Masa Kini”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar