Rabu, 26 Desember 2012

contoh pidato

Pemuda Antinarkoba

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yang terhormat bpk/ibu Kepala Sekolah dan Guru-guru sekalian, serta teman-teman yang saya sayangi.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya lah kita dapat menghadiri acara hari Antimadat Sedunia dengan keadaan sehat wal afiat.

Teman-teman yang saya sayangi,

Narkoba (Narkotika dan Obat/Bahan Berbahaya) adalah istilah yang digunakan oleh penegak hukum dan masyarakat. Yang dimaksud dengan bahan berbahaya adalah bahan yang tidak aman digunakan atau membahayakan dan penggunaannya bertentangan dengan hukum atau melanggar hukum (ilegal).

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang dapat terjerumus narkoba. Diantaranya adalah lingkungan yang buruk, jika seseorang berada di lingkungan yang buruk, orang ini dapat terjerumus kedalam dunia narkoba. Kasih sayang yang kurang, kurangnya kasih sayang menyebabkan seseorang untuk mencari pelarian. Hal ini dapat menyebabkan seseorang mencoba narkoba untuk menghilangkan beban pikirannya. Dan kurangnya ilmu agama, Jika seseorang tidak diajarkan agama yang baik, maka ia tidak akan tahu mana yang salah dan mana yang benar.

Teman-teman yang saya sayangi,

Dampak negatif narkoba secara tidak langsung yaitu, akan banyak uang yang dibutuhkan untuk penyembuhan dan perawatan kesehatan pecandu narkoba, dikucilkan dalam masyarakat, dan tidak dipercaya lagi oleh orang lain.

Dampak negatif narkoba secara langsung bagi jasmani yaitu, gangguan pada jantung, gangguan pada otak, gangguan pada pembuluh darah, dan lain-lain.

Dampak negatif narkoba bagi kejiwaan yaitu, menyebabkan depresi mental, menyebabkan gangguan jiwa berat/ psikotik, menyebabkan bunuh diri, dan lain-lain.

Ada berbagai cara untuk menghindari narkoba. Orang tua, masyarakat, dan diri sendiri adalah tiga komponen utama dalam mencegah masuknya narkoba kedalam diri kita. Orang tua berperan dalam memberikan kasih sayang, dan ilmu agama kepada anak, agar sang anak tidak kekurangan kasih sayang, dan mendapat ilmu agama yang cukup. Masyarakat juga berperan dalam pengawasan terhadap penggunaan narkoba. Sekolah juga berperan penting dalam mendidik anak muridnya untuk menghindari narkoba. Namun yang tidak kalah pentingnya, adalah diri kita masing-masing. Kita harus bisa menghindari narkoba sejauh mungkin. Isi waktu luang kita dengan hal yang bermanfaat, misalnya mengikuti ekstrakuliluker di sekolah atau bergorganisasi dalam masyarakat. Selain itu, kita juga harus berdoa kepada Allah SWT agar selalu menunjukkan bahwa sesuatu yang benar itu jelas, dan sesuatu yang salah itu jelas.

Untuk itu, saya menghimbau kepada teman-teman untuk menghindari narkoba. Jangan pernah mendekatinya. Bertepatan dengan hari Antimadat Sedunia, marilah bersama-sama kita perangi narkoba, dan saling mengingatkan akan bahaya narkoba, serta membina para pecandu narkoba agar kembali ke jalan yang benar. Ingatlah kawan-kawan, kita adalah generasi penerus bangsa, jangan kita kotori generasi kita dengan narkoba.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga pidato saya ini bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar