Senin, 31 Desember 2012

Contoh pidato Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yang terhormat bpk/ibu Kepala Sekolah dan Guru-guru sekalian, Serta teman-teman yang saya banggakan.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya lah kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Teman-teman yang saya banggakan,

Kita sebagai warga masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan, agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman bagi kita semua. Tetapi, sebelum kita melakukannya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti dari kebersihan lingkungan.

Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang berbahagia,

Lingkungan yang bersih memberikan dampak yang positif bagi kita semua. Yaitu, memberikan kenyamanan, dan menghindarkan dari berbagai penyakit. Sebagai contoh apabila warga masyarakat membuang sampah pada tempatnya maka lingkungan akan tampak bersih, terhindar dari ancaman banjir serta tidak memberi kesempatan bagi bakteri yang menimbulkan penyakit untuk berkembang biak. Sebaliknya, apabila lingkungan kita kotor akan menimbulkan dampak yang negatif. Diantaranya, menimbulkan penyakit, menyebabkan banjir, dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat. Contohnya, banjir di Jakarta yang terjadi akibat dari masyarakat yang membuang sampah sembarangan di daerah aliran sungai, sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran sungai.

Teman-teman yang berbahagia,

Banyak usaha yang dapat dilakukan oleh remaja karang taruna. Diantaranya, mengadakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan, para tokoh masyarakat juga harus memberikan penyuluhan bagi masyarakat agar memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Teman-teman yang berbahagia,

kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada teman-teman untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah kita.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga pidato saya ini membawa manfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.












5 komentar: